Ini Jawaban Mengapa Indonesia Keluar Dari PBB Pada 7 Januari 1956

JadiTau. Sejarah adalah guru kehidupan itulah hal yang memang benar, kali ini pembahasan mengenai sejarah peristiwa yang hingga masa sekarang terus terkenang, dan peristiwa yang akan dibahas dilakukan secara lengkap simak terus sobat jadi tau.

Apa Itu PBB


Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan organisasi yang internasional lahir pada saat 24 Oktober 1945 gerakan organisasi ini memiliki tujuan yaitu dengan menjadi pendorong berbagai kerjasama internasional dan juga mediator jika ada nya perselisihan antar negara. Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa.

Lalu saat Indonesia telah merdeka dan bergabung dengan PBB karena tujuan dari PBB sangat persis dengan UUD 1945. Akan tetapi Indonesia pun pernah keluar keanggotaan dari PBB saat 7 Januari 1956, bung karno sendirilah yang memutuskan Indonesia keluar dari PBB, tentu bung karno pun banyak alasan nya berikut ini jawaban mengapa Indonesia keluar dari pbb pada 7 januari 1956.

Alasan Pertama

Pada saat itu terjadilah konflik perang dingin dimana negara Amerika Serikat dan Uni Soviet terjadi, kemudian pernyataan kritik "pedas" kepada PBB dari bung karno karena PBB pun yang justru bermarkas di negara paman sam tersebut. Bung karno pun menyatakan tidak sepantasnya oragnisasi mediator internasional ini justru bermarkas pusat yang merupakan salah satu dari pelaku perang dingin yakni Amerika Serikat. Bung karno pun inginnya PBB harus lah di Jenewa, Swiss atau dinegara yang tidak memihak blok barat dan blok timur.

Alasan Kedua

Berkesinambungan dari alasan pertama, yaitu otomatis karena PBB pusatnya condong ke barat maka posisi dari para sekretariat selalu dimiliki oleh orng amerika. Lalu, bagi Bung Karno sendiri posisi nya dari banyaknya kebijakan PBB justru malah mengakomodasi kepentingan barat, atau menggunakan sistem barat. Hal ini yang ditentangkan oleh soekarno karena justru PBB malah semakin mengandung unsur imperialisme dan kolonialisme.

Alasan Ketiga

Ketidakadilan dalam permasalah yang sangat terlihat dari organisasi internasional yaitu PBB, karena dari para lembaga-lembaganya PBB selalu saja memfokuskan permasalahan bantuan kepada negara blok barat. Seperti ketidakadilan dari Badan Bantuan Teknik PBB yang diposisinya pun diambil oleh orang Inggris, kemudian Badan Dana Khusus yang ketuanya orang Amerika, sampai dalam kepersengketaan Asia seperti hal nya negara Malaysia dibentuk justru ketuanya pun orang Amerika.

Alasan Keempat

Hal lainnya yang buat indonesia ingin keluar dari PBB yakni Bung Karno berspekulasi bahwa PBB semakin melemah pada saat berunding karena perwakilan cina pun tidak diterima oleh PBB yang justru posisi dewan keamanan ditempati juga oleh negara Taiwan yang Indonesia tidak mendukung negara tersebut. Sebab telah mengesampingkan negara yang besar dalam jumlah penduduk.

Alasan Utama

Alasan utama indonesia keluar ialah pada saat itu ada sebuah rapat raksasa dihadapan puluhan ribu rakyat, Presiden Indonesia yaitu Soekarno secara langsung menyampaikan bahwa Republik Indonesia keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Keluar nya sikap indonesia keluar PBB atas tindakan dari PBB yang bagi negara indonesia sendiri sudah menerima negara boneka buatan inggris yaitu Malaysia, sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Sebenarnya ultimatum dari Indonesia sendiri sudah dikeluarkan sudah dikeluarkan pada tanggal 31 desember 1965.

Dalam ultimatum itu bung Karno mengancam PBB jika tetap masih saja "memaksa" ingin Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Ketika ancaman itu dihiraukan oleh PBB maka sesuai dari ancaman dari bung karno indonesia langsung keluar dari keanggotaan PBB ini karena sekian lama banyaknya unsur campur tangan pihak dari pengaruh negara-negara kapitalis blok barat dalam kelembagaan.


Akhir Kata


Begitulah alasan mengapa indonesia keluar dari PBB pada 7 Januari 1956, untuk hal yang baru lainnya di setiap hari hanya berada di jadiitau.blogspot.com, akhir kata terimakasih sobat jadi tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel