(Lahirnya Khalil Gibran) dan Kelahiran 5 Tokoh Dunia Lainnya Pada 6 Januari

JadiTau. - Welcome dan Selamat kali ini kita masih bisa menikmati tanggal 6 januari atau #6JanuaryDay. Sobat tau tanggal 6 januaru itu merupakan hari ke-6 dalam kalender Gregorian atau yang kita kenal Masehi. Sudah hampir seminggu penuh sobat telah melewati tahun baru dan kali ini mimin akan membahas soal 6 sosok tokoh dunia yang tepat kelahirannya pada tanggal 6 Januari simak dibawah ini informasinya.


1. Tokoh Ahli Imunologi

Tokoh ini bernama lengkap Rolf Martin Zinkernagel lahir 6 januari 1944 yang merupakan seorang ahli imunologi terkemuka di negara tanah air nya yaitu Swiss, bersama dengan Peter C. Doherty yaitu rekannya dan bisa memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1996 "untuk penemuan mereka mengenai kekhususan pertahanan kekebalan yang dimediasi sel". Saat sebelum mendapatkan nobel dirinya pun telah meraih gelar sarjana kedokteran, Zinkernagel pertama-tama memiliki keinginan bekerja di antara pasien kusta di benua Afrika, tetapi ditolak. Selanjutnya, lalu setelah sekian lama tidak ada pekerjaan yang cocok dengan dirinya kemudian ia masuk ke Universitas Basel untuk mendapatkan gelar MD-nya dan kemudian bergabung dengan Universitas Lausanne untuk pekerjaan pasca-doktoral. Saat bekerja di Lausanne dia memulai mengembangkan minat dalam imunologi dan ingin melanjutkan penelitian lebih mendalam. Akhirnya ia menerima ruang lingkup seperti itu di Universitas Nasional Australia dan berangkat ke Canberra. Di sana, bekerja dengan Peter Doherty, ia menemukan bagaimana sel-T mengenali sel inang yang terinfeksi virus dan menghancurkannya. Pekerjaan mereka juga menyoroti fungsi kompleks histokompatibilitas utama. Sekitar dua dekade kemudian, mereka menerima Hadiah Nobel untuk pekerjaan ini.

Begitulah Zinkernagel setelah sukses dengan temuan nya dan meraih penghargaan ia pun menghabiskan tahun-tahun terakhir kehidupan kerjanya di Universitas Zurich, terus bekerja pada perlindungan kekebalan dan patologi kekebalan tubuh. Dirinya pun pensiun saat tahun 2008

2. Perenang Pria Australia

Murray Rose lahir di Australia pada 6 Januari 1939, dirinya pun merupakan legenda perenang dari australia dikarenakan prestasinya yang mampu meraih tiga medali emas di Olimpiade 1956 ia dan saat itu juga dirinya menciptakan rekor. Selama karirnya, ia mencetak 15 rekor dunia, 9 di acara individu, dengan dua di 400 meter, satu di 800 meter, dan dua di 1.500 meter, dan untuk karir internasionalnya berakhir di Kekaisaran Britania Raya dan Commonwealth Games 1962, ketika ia memenangkan empat medali emas, di 400 dan 1.500 freestyle, dan dua di ajang estafet. Rose terus menikmati renang kompetitif lama setelah karir Olimpiade berakhir dan pada 1981 ia memenangkan gelar World Masters dalam waktu yang cepat. Rose pun memiliki julukan "The Seaweed Streak" diapun menetap di Amerika Serikat di mana dia bekerja di industri film dan televisi dan mengelola sebuah perusahaan yang menjual suplemen nutrisi, tetapi dia akhirnya kembali untuk tinggal di negara asalnya, Australia. Pada tahun 1983 Rose dipilih oleh rekan-rekannya sebagai Olympian pria terhebat di Australia.

3. Aktris Layar Ternama

Loretta Young adalah sosok artis film di amerika lahir pada 6 januari 1913 memulai karirnya pada usia empat tahun sebagai pemeran tambahan. Dia kemudian bersekolah di sekolah biara, saat ia di usia 14 tahun dia mendapat bagian dalam film Naughty but Nice (1927) yang awalnya ditujukan untuk saudara perempuannya Polly Ann. Kariernya berkembang saat dia bergerak cepat dari bagian kecil ke orang-orang pintar dan wanita terkemuka.

Setelah berkarier di Hollywood selama lebih dari 20 tahun, Young membungkam banyak kritik yang menganggapnya tidak lebih dari keindahan bakat nya yang lembut sederhana saat dia ketikamemenangkan piala Oscar pada tahun 1947 untuk penampilannya di The Farmer's Daughter . Dia menerima nominasi kedua untuk aktris terbaik pada tahun 1949 untuk perannya sebagai biarawati di Come to the Stable . Film terkenal lainnya termasuk The Story of Alexander Graham Bell (1939), The Stranger (1946), dan The Bishop's Wife (1947).

Pensiun dari film pada tahun 1953, Young menjadi tuan rumah bagi pemenang Emmy Award The Loretta Young Show di televisi NBC dari tahun 1953 hingga 1961, menjadikannya penghibur pertama yang menerima Oscar dan Emmy. Meskipun dia bertindak dalam sebagian besar episode dari drama antologi sentimental tersebut, pertunjukan nya pun tetap diingat terutama untuk pintu masuk Young yang berputar-putar di mana dia menampilkan semua sisi gaun kontemporer glamornya.

Young pensiun dari dunia akting pada usia 50 tahun, namun dirinya justru kembaki hadir di FTV di akhir 1980-an. Dirinya wafat saat tahun 2000 an

4. Penyair Ternama Terlahir

Khalil Gibran siapa yang tidak kenal bahkan kaum milenial indonesia pun mengetahui karya-karyanya yang terkenal dengan romansa nya. Lahir di negera Lebanon, pada tanggal 6 Januari 1883. Gibran sendiri berasal dari keluarga Katolik Maronit. Asal tanah kelahirannya di Basyari dikenal saat masa nya sangat rentan terjadi badai, gempa, dan petir. Hingga sedari kecil Gibran sudah akrab dengan fenomena alam hingga cukup memberikan pengaruh dalam karyanya.

5. Ilustrator Terkenal Perancis

Ilustrator dari Perancis, lahir di Strasbourg, meninggal di Paris yaitu Gustave Dore. Terkenal karena ilustrasi cetakannya tentang lebih dari 100 buku, di antaranya Alkitab, dongeng (karya Perrault) karya Dante ( Divina Comedia ), Lord Byron dan Cervantes ( Don Quixote ).

Penikmat seni menganggap Doré eksponen romantis abad ke-19 yang karyanya tanpa nilai artistik tetapi yang penting terletak pada kontribusinya pada pengembangan ilustrasi buku. Untuk ilustrasi Alkitabnya, Doré menggunakan kontras dan chiaroscuro secara optimal, seringkali mencapai efek yang cukup mistis. Alkitabnya yang diilustrasikan dalam format folio adalah sensasi dari saat diterbitkan pada tahun 1865.

Sekitar tahun 1870, Doré tinggal di London untuk waktu yang cukup lama di mana seorang penerbit mengundangnya untuk membuat sketsa potret kota dalam 180 cetakan. Doré tidak membuat sendiri semua ukirannya. Di studionya, sketsanya dipindahkan ke piring. Dirinya pun memiliki rekan untuk mengerjakan proyek nya bersama 40 orang.

6. Pembuat Balon Udara

Jacques Étienne Montgolfier merupakan Montgolfier bersaudara yang terkenal dan menjadi pencipta balon udara di abad 17. Pada 1782 mereka (Montgolfier Bersaudara) menemukan bahwa udara yang dipanaskan, ketika dikumpulkan di dalam kantong kertas atau kain ringan yang besar, menyebabkan kain itu naik ke udara. Montgolfiers membuat demonstrasi publik pertama dari penemuan ini pada 4 Juni 1783, di pasar kota Annonay.

Mereka mengisi balon mereka dengan udara panas dengan membakar jerami dan wol di bawah celah di bagian bawah kain. Balon naik ke udara sekitar 3.000 kaki (1.000 meter), tetap di sana sekitar 10 menit, dan kemudian mendarat di tanah lebih dari satu setengah mil dari tempat balon itu naik. Tidak menyerah dengan hasik pertama Montgolfiers melakukan perjalanan ke Paris dan kemudian ke Versailles, di mana mereka mengulangi percobaan dengan balon yang lebih besar pada 19 September 1783, mengirimkan seekor domba, seekor ayam jantan, dan seekor bebek tinggi-tinggi sebagai penumpang. Balon melayang sekitar 8 menit dan mendarat dengan aman sekitar 3,2 kilometer dari lokasi peluncuran. Pada 21 November 1783, penerbangan tak berawak pertama dilakukan dengan balon Montgolfier Pilatre de Rozier dan François Laurent, marquis d'Arlandes , sebagai penumpang. Balon itu berlayar di Paris sejauh 9,5 mil (9 kilometer) dalam waktu sekitar 25 menit dan kedua bersaudara itu tercatat dalam sejarah berkat teori yang ia buat dan berhasil sesuai kenyataan.

Akhir Kata


Sekian informasi dari para kelahiran tokoh dunia di tanggal 6 januari, untuk hal yang baru lainnya di setiap hari hanya berada di jadiitau.blogspot.com, akhir kata terimakasih sobat jadi tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel