Sejarah Lahirnya PBVSI Di Indonesia Hingga Sekarang (22 Januari 1955)

JadiiTau. Sejarah adalah guru kehidupan itulah hal yang memang benar, kali ini pembahasan mengenai sejarah peristiwa yang hingga masa sekarang terus terkenang, dan peristiwa yang akan dibahas dilakukan secara lengkap simak yah terus sobat jadi tau. Dalam artikel ini mimin akan menjawab dari apa yang kamu cari yakni kapan sih PBVSI didirikan, dan juga bagaimana sih bisa terbentuknya sebuah induk organisasi di Indonesia. Oleh karena itu kalian tepat memilih artikel ini karena pemaparan nya secara lengkap lho, gak percaya terus baca hingga akhir.


Awal Mula

PBVSI merupakan nama singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia, berdiri dengan resmi pada 22 januari 1955 dan organisasi ini merupakan sebuah induk dari olahraga bola voli untuk Indonesia yang mana kantor pusatnya berada di kota DKI Jakarta, pada Jln. Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

Organisasi induk bola voli indonesia yakni PBVSI bermula awalnya dari gagasan para seluruh komite Ikatan Perhimpunan Voli Surabaya (IPVOS) pada saat seleseinya penyelenggaran pertandingan PON 1953. Sebuah pemikiran oleh para komite IPVOS karena Indonesia seharusnya punya induk organisasi atau pusat dari pada ikatan-ikatan seluruh kota yang ada di Indonesia, mengapa hal itu penting sebab nya agar bisa secara tertata dan memiliki sistem regulasi pengaturan bola voli untuk seluruh pertandingan se Indonesia. Kemudian pada akhirnya tepay setelah setahun berselang pada tahun 1954 diadakannya kongres rapat untuk siapa saja dan membuat struktur induk organisasi bola voli yaitu PBVSI.


Keputusan Rapat

Pada saat bisa terselenggarakannya rapat karena dari pihak komite IPVOS sendiri tidak hanya sendirian yang ingin mempelopori terbentuknya induk organisasi bola voli dan juga menggandeng dengan para komite PERVID yakni Persatuan Voli Indonesia Djakarta. Dari kedua organisasi itu hanya memiliki satu tujuan yakni bisa menghasilkan ide untuk kedepannya dunia voli tanah air dibawah kemana, maka keputusan rapat pun sudah bulat dan berikut ini isi rapatnya :

1. IPVOS dan PERVID bekerjasama menyetujui menjadi bagian dari induk organisasi bola voli (PBVSI)

2. Ditetapkannya Wim J. Latumetan sebagai ketua PBVSI yang pertama kalinya

3. Pada tanggal tanggal 22 Januari 1955 agar melaksanakan untuk menyusun rancangan dari anggota hingga dewan komite yang sekaligus menetapkan kepengurusan PBVSI yang diselenggarakan di stadion Ikada Jakarta.

4. Meresmikan bahwa nama dari pusat organisasi untuk olahraga bola voli Indonesia yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)


Peresmian Organisasi

Kemudian setelah hasil dari rapat yang isinya ada sebuah rencana agar adanya rapat lanjutan tepat pada 22 Januari 1955 dan setelah rampung semua berbagai jajaran kepengurusan maka PBVSI sendiri menjadi organisasi yang disahkan oleh dewan Komite Olimpiade Indonesia yang menjadi pusat atau induk organisasi bola voli yang memegang sepenuhnya atau tertinggi di Indonesia, hal itupun jika sudah diresmikan oleh KOI (Komite Olimpiade Indonesia) maka sudah sangat legalitas.

Diakui Dunia

Setelah melewati kurang lebih selama 3 bulan organisasi PBVSI pun akhirnya bisa mendapatkan legalitasnya selain dari nasional dan juga internasional. Karena pada bulan Maret oleh induk organisasi bola voli dunia IVFB meresmikan bahwa Indonesia memiliki PBVSI dan bisa timnas voli indonesia mengikuti semua kejuaraan dunia. Akan tetapi walau diakui namun cukup lama Indonesia bisa menjadi negara anggota International Volley Federation Ball yakni pada tahun 1959 atau 4 tahun PBVSI didirikan.

Akhir Kata

Selesei sudah pembahasan tentang sejarah pbvsi, untuk hal yang baru lainnya di setiap hari hanya berada di jadiitau.blogspot.com, akhir kata terimakasih sobat jadi tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel