Tokoh Dan Sosok Dunia Lahir Pada 16 Januari

JadiTau. - Welcome dan Selamat kali ini kita masih bisa menikmati tanggal 16 januari atau #16JanuaryDay. Sobat tau tanggal 16 januari itu merupakan hari ke-16 dalam kalender Gregorian atau yang kita kenal Masehi. Pada saat hari ini mimin akan memberikan informasi tentang kelahiran seseorang pada 16 januari dan memfokuskan kepada tokoh atau sosok dunia yang lahir 16 januari, biar tau informasinya ada di bahwa ini sobat-sobat jadi tau.

1. Kelahiran Pengamat Hewan

Pencinta dan pengamat khususnya hewan gorilla yaitu sosok bernama Dian Fossey yang lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat pada 16 Januari 1932. Awal mula ceritanya ia jatuh hati ingin mengamati semua dari perilaku hewan gorilla saat pada tahun 1963, dirinya melakukan perjalanan ke Afrika timur, di mana dia bertemu dengan dr. Louis Leakey saat bersama dr.louis diperkenalkan saja fossey kepada hewan gorilla yang ada di Rwanda. Dia kembali ke Amerika Serikat setelah perjalanan, tetapi pada tahun 1966 Leakey membujuknya untuk kembali ke Afrika untuk mempelajari gorila gunung di habitat aslinya dalam waktu jangka panjang.

Melalui kesabaran, Fossey dapat mengamati hewan dan membiasakan mereka untuk kehadirannya, dan data yang dikumpulkannya sangat diperbesar pengetahuan kontemporer dari gorilla kebiasaan, komunikasi, dan struktur sosial.

Pada tahun 1974 dirinya mendapatkan gelar dalam zoologi dengan penyelesaian disertasinya tentang "Perilaku Gorila Gunung." Dia kembali ke Rwanda dengan menjadi mahasiswa relawan yang lebih luas penelitiannya. Termotivasi oleh pembunuhan Digit, salah satu nya disukai gorila, Fossey pun banyak diliput oleh media internasional pada tahun 1978 dalam pertempuran melawan pemburu.


2. Kelahiran Ahli Sastra

Sosok yang bernama Vittorio Count Alfieri lahir pada 16 januari 1749, desa asti, Kota Piemonte, Italia dikenal sebagai penyair yang memiliki hasrat sangat dominan yaitu ingin menggulingkan rezim tirani. Oangkah yang dia lakukan hanya semata-mata untuk negara tanah airnya yaitu Italia dengan aksi dram yang setara seperti dari negara-negara Eropa lainnya. Melalui lirik dan drama yang ia buat agar dapat membantu untuk menghidupkan kembali semangat kebangsaan Italia dan juga meraih gelar dari prekursor dari Risorgimento.

Pada tahun 1772 dirinya sendiri memiliki karya yaitu dapat menulis 14 buku dan juga ratusan puisi-puisinya adapun salah satunya yang terkenal sepeeti : empat odes di seri L'America libera, pada kemerdekaan Amerika, untuk yang kelima odes ditambahkan pada tahun 1783 kemudian juga politik risalah pada tirani, dalam bentuk prosa, Della tirannide pada tahun 1777, memuji jatuh dari Bastille dengan sebuah odes, "Parigi sbastigliata" (1789).

Alfieri sendiri memiliki tingkatan kepintaran yang jenius walau pun sifat aslinya sepeeti kasar, blak-blakan, dan gak mau ribet. Dari situlah dirinya pun bisa membujuk orang-orang yang tertindas serta juga mengundurkan diri yang menerima ide-ide politik dari Alferi yang dapat menginspirasi mereka untuk melakukan perbuatan heroik untuk negara.

3. Kelahiran Seniman Film

Aktor yang lahir pada 16 januari yaitu François-Joseph Talma, lahir di kota Paris, Perancis. Dirinya pun dikenal saat itu sebagai aktor film perancis serta juga menjadi manajer perusahaan teater, dirinya pun dicetus sebagai sosok yang membawa reformasi dalam tatanan treatrikal atau film seperti gaya panggung, kostum, dan pemandangan yang membuatnya terkemuka karena saat abad ke-19 banyak drama teatrikal yang bertemakan Romantisme dan Realisme.

Ayah talma sendiri adalah dokter gigi, dan pasti lah seorang ayah ingin anaknya seperi dirinya juga yaitu dokter gigi dan Talma seharusnya tidak menghabiskan waktu-nya untuk teater-teater yang amatir. Akan tetapi karena sebuah jati diri nya untuk teater maka dirinya pun bisa sukses yang juga  dipengaruhi oleh temannya yaitu seorang pelukis yakni David.

Akhir Kata

Itulah artis dan tokoh yang lahir pada 16 januari, cukup sekian untuk hal yang baru lainnya di setiap hari hanya berada di jadiitau.blogspot.com akhir kata terimakasih sobat jadi tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel