Proses Lahirnya LBB Lengkap (Liga Bangsa Bangsa) HISTORY FACT

JadiTau. - Welcome dan Selamat kali ini kita masih bisa menikmati tanggal 10 Januari atau #10JanuaryDay. Sobat tau tanggal 10 Januari itu merupakan hari ke-10 dalam kalender Gregorian atau yang kita kenal Masehi. Sebelumnya sudah mimin jelaskan tentang Indonesia Keluar PBB dan juga Qatar Keluar OPEC, sekarang dalam artikel ini akan membahas dari sejarah dari liga bangsa bangsa yang dimana itu merupakan ayah nya dari PBB sobat jadi tau, jadi untuk yang paling lengkap monggo untuk dipelajari semuanya yang ada di bawah ini tentang sejarah LBB lengkap.

Latar Belakang LBB

Saat itu perang dunia jilid I sudah mereda dan banyak nya para tokoh aktivis dan pemimpin pemimpin negara sadar betul tentang betapa efek yang kebanyakan nya buruk dan juga kekejaman yang sangat nyata dan membuat puluhan ribu orang trauma, oleh karena itu adanya suatu pemikiran yang dimana damai dapat terjadi di seluruh dunia tanpa ada nya perang dunia yang lainnya dan oleh sebab itu muncul lah Liga Bangsa Bangsa.

Berikut inilah beberapa usaha yang melatar belakangi berdirinya LBB yang dilakukan oleh tokoh-tokoh penting sebagai berikut :

Usaha Pertama
Saat tahun 1923 yaitu bryan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat memberitahukan bahwa adanya rencana perdamaian (place plan) dari rencana tersebut isinya itu agar adanya suatu permintaan dari setiap perselisihan antar dua negara ataupun lebih dapat diperiksa terlebih dahulu oleh para sebuah komisi yang independen. Kemudian komisi sendiri dibuat dan bertujuan agar bisa mengusahakan dari setiap masalah yang ada di dunia misalkan antar negara dapat menjalin kedamaian yang utuh dan jangan sampai justru membuat konflik yang dimana dapat memicu perang kembali.

Usaha Kedua
Kemudian dari pernyataan dari menteri lalu presiden amerika serikat sendiri saat itu yakni Woodrow Wilson kemudian juga memberikan penyataan resmi bahwa haruslah segera mengakhiri perang dunia serta menciptakan terjaminnya dari perdamaian dunia agar juga dapat terjadi atau terijabah nya "Peace Without Victory".

Piagam itu sendiri yang menjadikan pedoman bagi LBB terdiri dari 3 poin yaitu :

(1). Perjanjian rahasia tak diperbolehkan. (2). Semua negara mempunyai kedudukan yang setara.
(3) Diharuskan nya pengurangan infanteri senjata di tiap-tiap negara.

Usaha Ketiga
Nah setelah sudah terlaksana nya " Peace Without Victory" justru dari presiden amerika sendiri yakni Woodrow Wilson kembali ingin menyempurnakan kembali dan menjadikan "Wilson Fourteen Point" atau yang dikenala pasal 14 ini yang terbentuk pada 8 Januari. Dari pasal 14 ini pun ada poin yang terpenting dari piagan tersebut yang telah disempurnakan berikut ini isi dari keempat belas pasal tersebut sebagai berikut sobat jadi tau.

• Diplomasi dilakukan secara rahasia dilarang
• Diharuskan melakukan pengurangan persenjataan tiap-tiap bangsa
• Negara harusnya dapat diberikan haknya yaitu bisa menentukan nasib bangsa nya sendiri tanpa terkecuali.
• Dibentuknya Liga Bangsa-Bangsa (LBB).

Tujuan Dari LBB

Untuk tujuan dari liga bangsa-bangsa yaitu dengan pembentukan organisasi internasional yang berlandaskan untuk menciptakan kedamaian maka misinya itu dapat bisa mencegah peperangan dan semakin menciptakan dunia yang damai, adanya diplomasi antar negara atau regional yang keterbukaan, dan setiap bangsa haruslah mentaati perjanjian serta hukum internasional yang berlaku.

Gagalnya Organisasi LBB

Liga bangsa sendiri sebenernya sudah sangat baik namun prosesnya berdirinya LBB sangat singkat dan mengalami kegagalan LBB padahal umurnya dari organisasi ini hanya puluhan tahun saja. Hal ini dikarenakan oleh liga bangsa-bangsa sendiri tidak mampu menciptakan perdamaian karena justru amerika pun yang menjadi pelopor LBB tidak kuasa karena justru masih menjadi kan negara yang ikut dalam PD II (Perang Dunia 2).

Oleh karena itu sudah sangatlah tidak bisa diandalkan lagi fungsi dari liga bangsa-bangsa.

Akhir Kata

Itulah sejarah lbb secara singkat, untuk hal yang baru lainnya di setiap hari hanya berada di jadiitau.blogspot.com akhir kata terimakasih sobat jadi tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel