9 Januari 1900 : Kelahiran Klub S.S Lazio (Sejarah Team Italia)

JadiTau. Sejarah adalah guru kehidupan itulah hal yang memang benar, kali ini pembahasan mengenai sejarah peristiwa yang hingga masa sekarang terus terkenang, dan peristiwa yang akan dibahas dilakukan secara lengkap simak terus sobat jadi tau.

Pendahuluan

Sobat jadi tau kali ini mimin akan membahas tentang sejarah dari kelahiran klub S.S Lazio yang merupakan team pertama dan hingga kini masih bertahan. Klub dengan suporter loyalitas tanpa batas dan telah beberapa kali menjuarai kompetisi regional maupun dunia, dan klub ini pun mencetak generasi para pemain sepakbola yang terbaik hingga dapat menjadi timnas italia. Tanpa menunggu lama lagi simak baik-baik baca hingga tuntas sejarah berdirinya klub S S Lazio.


Sejarah Awal

Untuk yang bingung arti dari S.S Lazio yaitu (Societa Sportiva Lazio) sejarah klub mencatat pendiri atau pencetus klub yaitu Luigi Bigiarelli. Dirinya pun tidak sendirian Luigi bersama delapan sahabatnya pada 9 Januari 1900 tepat di Distrik Prati, provinsi Roma. Klub lazio sendiri namanya dari sebuah nama-nama wilayah yang didalamnya mencakup kota Roma (Ibukota Italia). Lalu dengan maksud warna kebesaran Lazio seperti di lambang nya yakni ada biru langit serta putih terinspirasi dari warna bendera Yunani, saat ada di prasasti Pazza della Liberta yang masih kokoh berdiri sampai sekarang merupakan tempat proklamasinya klub Lazio sudah resmi terbentuk.

Kemudian mungkin kawan sobat jadi tau berpikir bahwa jika tempat deklarasinya di kota Roma kenapa namanya namanya SS Lazio dan bukan SS Roma? La Prima Squadra della Capitale yang berarti klub pertama yang didirikan di kota roma tapi memiliki nama SS Lazio. Padahal sebagian besar klub sepakbola pasti akan membawa nama kota untuk sebagai identitas sebuah klub.

Misalkan dalam contoh nyatanya yaitu Associazione Calcio Milan atau AC Milan kemudian Genoa Cricket and Football Club atau Genoa FC. Lalu setelah 27 tahun lazio telah berdirinya ada tokoh yang membawa jasa yakni Bennito Mussolini yang merupakan diktaktor fasis Italia dia pun ingin segera didirikannya klub AS Roma atau Associazione Sportiva Roma yang telah membawa nama kota ibukota Italia.

Asal Mula

Beginilah jawabannya sobat tau jadi artian nama "Lazio" yang berasal Bahasa Latin yaitu “latus” yang berarti yaitu dataran rendah yang luas, lapang bisa dibilang juga terbentang. Kembali saat sejarah dimana masa kejayaan kekaisaran Romawi, yang lokasinya itu justru berpusat di Kota Roma, saat itu wilayahnya luas pada bagian tengah-selatan Semenanjung Italia nah daerah itulah diberi nama "Latinum" agar dapat menunjuk kepada suatu area yang penduduknya pun rata-rata berbahasa Latin, karena memang saat itu juga menjadi bahasa resmi kekaisaran Romawi. Kemudia arti dari latinum tadi juga itu berasal untuk menjadi penghormatan tersendiri ke tokoh mitologis Yunani, putera dari Dewa Jupiter yakni raja latinus.

Kemudian pada saat Kaisar Augustus berkuasa, sang kaisar pun bisa berhasil mempersatukan seluruh wilayah Italia secara geo-politis, yang membaginya menjadi 11 regional, dari tiap-tiap regional membawahi beberapa provinsi. Latinum adalah salah satu regional tersebut, menurut geografis regional Latinum sendiri adanya pas dengan Kota Roma yang sebagai pusat pemerintahan. Jaman mulai berlanjut yang sekarang telah menjadi italia modern, pergantian nama pun terjadi saat Italia dibagi menjadi 19 regional yang dahulu ada regional Latinum menjadikan Regional Lazio. Lalu, jika secara spesifik lagi regional Lazio ini memiliki 5 provinsi yaitu Provinsi Viterbo, Provinsi Rieti, Provinsi Latina, Provinsi Frosionnone dan Provinsi Roma.

Nah semakin berlajut yaitu para Bapak Berjasa klub Lazio memang sangat sengaja memilih agar tidak ada kata Roma sebagai nama klubnya, akan tetapi menggunakan nama dari regional juga yaiti Lazio yang membawahi kota Roma. Kota Roma dipilih sebagai tempat deklarasi peresmian serta kantor pusat klub lazio. Saat sudah di deklarasikan klub S.S Lazio tahun 1907 tepat pada 7 tahun telah berdiri nah itulah musim tahun pertama tim lazio mengikuti kompetisi secara resmi. Sungguhpun demikian, sebagai klub sepakbola pertama di Roma, Lazio memilih lambang elang (aquille) sebagai logonya, karena Kota Roma aslinya lambangnya itu elang, bukan serigala.

Akhir Kata

Sekian sejarah lahirnya klub SS Lazio, untuk hal yang baru lainnya di setiap hari hanya berada di jadiitau.blogspot.com, akhir kata terimakasih sobat jadi tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel