Alasan Dibalik Jakarta Berganti Nama dan Apa Sih Daerah Swatantra

JadiTau. - Welcome dan Selamat kali ini kita masih bisa menikmati tanggal 18 januari atau #18JanuaryDay. Sobat jadi tau bahwa tanggal 18 januari itu merupakan hari ke-18 dalam kalender Gregorian atau yang kita kenal Masehi. Kali ini informasi mengenai fakta sejarah yaitu mengenai alasan kenapa jakarta ganti nama dan ulasan lengkap tentang apa itu daerah swatantra di Indonesia. Didalam artikel ini ada banyak bab jadi perlu diperhatikan secara saksama.

Pengertian Daerah Swatantra

Sebelum kita merujuk langsung alasan dari jakarta berganti nama pada tanggal 18 januari 1958, disini akan menjelaskan perihal tentang apa sih daerah swatantra, nah daerah swatantra itu jika diambil simplenya sih daerah khusus perlu diingat bahwa daerah khusus dan daerah istimewa itu berbeda misal contoh dari daerah istimewa yogyakarta. Nah daerah istimewa sendiri pun pernah dipilih untuk jadi ibukota yaitu pindahnya ibukota ri ke yogyakarta.

Tadi itu merupakan arti simple nya nah arti mendalam dan pengertian daerah swatantra yakni suatu daerah ada di dalam suatu negara yang memiliki sistem pemerintahan sendiri yang secara bebas serta tak terikat kepada peraturan-peraturan di dalam daerah lain yang tidak menjadi daerah otonomi. Dalam sistem pemerintah indonesia sendiri sudah ada susunan yang tertata karena memang dalam suatu daerah saat sudah diberi tanda sebagai swatantra maka, suatu daerah itu disebabkan adanya kondisi secara geografi sangat berbeda dibanding yang lainnya karena penduduknya pun merupakan minoritas di negara tersebut sehingga diperlukanlah sebuah hukum yang berbeda yang dapat mencocokan untuk suatu daerah swatantra tersebut.


Mengapa Jakarta Menjadi Daerah Swatantra

Jawabannya itu adalah sebenarnya tidak lah panjang dan rumit ya sebab nya daerah jakarta sangat pantas jika memang dianggap daerah khusus ada poin-poinya. Yang pertama daerah otonomi jakarta merupakan sebuah ibukota negara, poin kedua pusat dari pemerintahan berada di jakarta, poin ketiga yakni daerah jakarta ada daerah yang menjadi daerah yang sangat strategis untuk perekonomian pusat.


Akhir Kata

Sekian apa itu daerah swatantra dan fakta jakarta, untuk hal yang baru lainnya di setiap hari hanya berada di jadiitau.blogspot.com, akhir kata terimakasih sobat jadi tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel