6 Peristiwa Penting Dunia Pada Tanggal 29 Desember (Fakta)

JadiTau. - Welcome dan Selamat kali ini kita masih bisa menikmati tanggal 29 desember atau #29DecemberDay. Sobat tau tanggal 29 desember itu merupakan hari ke-363 dalama kalender Gregorian atau yang kita kenal Masehi. Lalu apa sih fakta nya di tanggal 24 Desember? Berikut ini hasilnya dari ada apa di tanggal 24 desember dalam dunia.


1. Gagalnya Timnas Indonesia Juara AFF 2010


Kegagalan yang diraih oleh para punggawa timnas garuda senior yang saat itu menjadi tahun dimana semua suporter pecinta bola Indonesia baik tua maupun muda menggandrungi para pemain timnas yang tampil apik tanpa terkalahkan hingga final, seperti Irfan Bachdim, Andik Vermansyah, Christian Gonzales dan pemain lainnya.

Kegagalan bermula saat final aff 2010 melawan Malaysia di kandang tuan rumah Malaysia, para suporter rela hingga memenuhi stadion di negeri seberang tapi hasilnya kekalahan telak 3-0 dan hal ini pun diduga karena adanya Match Fixing

Lalu saat leg ke-2 Final di Indonesia, timnas hanya dapat menang 2-1 dan tetap gagal meraih piala AFF 2010.

2. Kebakaran Kembang Api Peru


Tepatnya pada 29 Desember 2001 di Ibukota Peru, Lima yaitu adanya sebuah kebakaran yang diduga dari Kembang Api atau petasan yang cukup tragis. Sebab dikota yang dinilao banyak sejarah nya tersebut korban tewasnya mencapai ratusan jiwa.

3. Perjanjian Damai Guatemala


Guatemala merupakan negara yang berada di benua amerika latin, saat tepatnya 36 tahun yang lalu dari perjanjian damai Guatemala adanya peperangan saudara atau aksi kudeta yang berlangsung cukup lama dan juga dalam perang tersebut Pihak asing yaitu Amerika Serikat pun berada di perang saudara tersebut.

Hingga kini memang Guatemala dijatuhkan hukuman atas pelanggaran HAM luar biasa tapi jumlah korban pada saat perang saudara mencapai lebih dari 100.000 orang dan kebanyakan korban adalah rakyat sipil.

4. Penerbangan Pertama Pesawat Prototipe


29 December 1939 keberhasilan terbang pertama kalinya oleh prototipe B-24 Liberator yang merupakan mitra dari pesawat pengebom berat yaitu B-17 Flying Fortress, penerbangannya saat itu pada waktu siang hari.

Pesawat ini untuk melakukan perang dunia II dan dibuat oleh para tentarawan negeri paman sam tersebut.


5. Merdekanya Negara Bagian Texas


Texas atau yang kita bilamg Teksas merupakan daerah negara bagian dari amerika serikat, daerah ini dicaplok seutuhnya oleh pemerintahan amerika pada saat 29 desember 1845. Texas sendiri merupakan negara bagian terbesar ke-2 di amerika serikat dengan kota terbesarnya berada di Houston.

Ibukota dari negara bagian texas adalah Austin, Texas memiliki julukan "Lone Star State" untuk menandai Texas sebagai republik yang merdeka dan bukti perjuangan negara bagian ini untuk mencapai kemerdekaan dari Meksiko.

6. Munculnya Perang Afrika Selatan


Perang Afrika Selatan sendiri awal mula pada tahun 1899 hingga 1902, perang ini dimulai oleh seseorang yaitu administrator kolonial Inggris di Afrika, Sir Leander Starr Jameson. Jameson sendiri yang menjadi pemimpin pasukan bala tentara Inggris yang ini menyerang republik Boer Transvaal.

Pada serangan yang pada tahun 1895 itu merupakan buntut dari perang permusuhan antara penduduk Boer dan Tentara Inggris yang dua tahun kemudian timbul perang Afrika Selatan.

Akhir Kata


Begitulah ke-6 kilas peristiwa penting dunia, untuk hal yang baru lainnya di setiap hari hanya berada di jadiitau.blogspot.com, akhir kata terimakasih sobat jadi tau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel